Cara Cepat Menghilangkan Ngantuk Berlebih Saat Bekerja Atau Belajar

Cara Menghilangkan Ngantuk Berlebih - Dalam menjalankan segala aktivitas sehari-hari memang dibutuhkan yang namanya istirahat, baik sebelumnya ataupun disaat waktu break. Jadi jika anda seorang perkerja, baik pekerja berat maupun kantoran saya sarankan untuk menggunakan waktu istirahat dengan sebaik-baiknya.

Tidak menutup kemungkinan pelajar juga harus memperhatikan waktu istirahat juga. Karena jika anda dalam waktu proses belajar mengajar kurang istirahat, mengantuk bisa jadi halangan untuk fokus dalam kegiatan belajar tersebut.

Okey, apa sih yang menyebabkan ngantuk berlebih ini??

Banyak yang bilang kalau ngantuk ini adalah penyakit yang menular. Yang pertama adalah ngantuk ini bukan sebuah penyakit. Yang kedua sebenarnya ngantuk ini tidak menular, melainkan lebih ke menguap. Memang banyak dan ini fakta, jika ada seseorang menguap, maka kita yang berada di dekatnya akan ikut menguap.

Belum diketahui secara pasti apa akibat dari menguap ini. Namun dapat disimpulkan menguap ini terjadi akibat oksigen didalam tubuh kita itu minim. Bisa juga menguap itu terjadi pada saat otak kita panas, sehingga dengan menguap itu untuk menstabilkan agar supaya otak kita menjadi dingin.

Efek penularan menguap itu bisa dari penglihatan, bisa juga dari pendengaran. Menguap ini merupakan cara pemodelan perasaan manusia yang terkait dengan manusia lain. Ada juga yang berpendapat bahwa penularan tersebut dari empatik dari aktivitas tersebut. Contoh yang lain adalah tertawa, jika disebuah kerumunan ada seorang yang tertawa dan manusia disekitarnya melihat dan mendengar, maka kemungkinan manusia tersebut juga akan ikut tertawa.

Menguap itu bisa dijadikan tanda bahwa anda sedang mengantuk. Biasanya aktiviatas itu terjadi pada saat kita lelah, stress, malas dan masih banyak lagi. Saya akan jelaskan secara detail apa penyebab dari rasa mengantuk ini. Ini berdasarkan pengalaman saya pribadi sebagai seorang pekerja dan juga sumber yang lain.

mengantuk saat kerja
Mengantuk Saat Kerja

Penyebab Rasa Ngantuk yang Berlebih

Telalu berlebihan tidur
Ini pengalaman pribadi saya. Saya dulu adalah seorang perkerja disebuah pabrik yang sistem jam kerjanya adalah long shift. Long shift ini adalah jam kerja yang tidak biasa. Saya harus berada di pabrik selama 12 jam. 10 jam kerja dan 2 jam istirahat yang dibagi menjadi 2 yaitu masing-masing 1 jam.

Nah pada waktu pulang, saya memang sengaja istirahat full dengan tidur hingga sekitar 10 jam non stop. Dan itu memang saya lakukan. Alhasil di pabrik saya malah tambah ngantuk berat. Saya kurang mengetahui apa penyebabnya padahal sudah tidur seharian. Karena standartnya manusia tidur itu paling lama adalah 7 jam. Jadi tidur berlebihan itu tidak membuat menghilangkan rasa ngantuk terutama pada saat bekerja.

Kurang tidur
Yang kedua ini sangat jelas sekali, bertolak belakang dengan yang saya jelaskan diatas namun efeknya tambah parah. Selain anda akan ngatuk berat, mata juga akan menjadi lelah sehingga kebanyakan warna mata akan menjadi kemerahan. Kurang tidur atau istirahat ini menyebabkan kurang fokusnya dalam bekerja maupun belajar. Jadi sangat merugikan sekali, makanya manfaatkan waktu istirahat sebaik-baiknya.

Terlalu banyak makan
Efek dari kebanyakan makan ini adalah lebih kenyang. Jika sudah kenyang, pastinya mau melakukan aktivitas akan malas dan bawaannya ngantuk terus. Jadi berhentilah makan sebelum kenyang.

Dehidrasi
Ini sudah saya buktikan pada saat bekerja. Kekurangan cairan atau dehidarasi memang menyebabkan rasa ngantuk. Saya mencoba untuk minum air putih, dan ternyata memang rasa ngantuk berkurang. Namun ini bersifat sementara, karena pasti anda sudah tau kalau bekerja itu menguras tenaga, otak dan keringat yang menyebabkan dehidrasi.

Depresi atau Stress
Depresi atau stress merupakan gangguan emosional yang sangat berpengaruh terhadap tubuh. Sehingga kita akan menjadi malas dalam bekerja, belajar ataupun melakukan aktivitas lain. Rasa ngantuk yang diakibatkan rasa malas ini sangat sulit untuk dihilangkan.

Penyakit
Seperti yang dilansir dari beberapa web lain yang membahas penyebab rasa ngantuk ini bahwa sebuah penyakit dapat juga bisa membuat anda menjadi ngantuk. Antara lain adalah alergi makan, alergi makanan tertentu dapat menyebabkan rasa ngatuk yang berlebihan. Yang kedua adalah penyakit jantung. Jika jantung kita tidak bekerja sebagai mana mestinya, maka akan cepat lelah dan otomatis akan timbul rasa ngantuk. Yang terakhir adalah Anemia. Khusus untuk kurang darah, biasanya terjadi pada wanita yang sedang datang bulan. Zat besi yang berfungsi menghantarkan oksigen didalam tubuh juga akan berkurang sehingga akan menyebabkan rasa ngatuk yang berlebihan.

Itulah beberapa penyebab yang dapat membuat anda mengantuk pada saat melakukan aktivitas. Jika anda sudah mengurangi penyebab diatas, seharusnya rasa ngantuk sudah akan berkurang. Namun untuk lebih menghilangkan rasa ngantuk tersebut, sekarang saya akan mencoba membahas cara mengatasinya.

Cara Menghilangkan Ngantuk saat Bekerja atau Belajar

Istirahat / Tidur yang cukup
Seperti yang saya bahas diatas bahwa kelebihan dan kekurangan tidur justru akan menyebabkan rasa ngantuk yang berlebihan pada saat melakukan aktivitas terutaman dalam berkerja. Maka dari itu tidurlah sesuai standart yang disarankan yaitu 7-8 jam satu hari. Tidur yang cukup juga dapat membuat badan menjadi sehar dan bugar terutama dalam menghilangkan rasa capek dan ngilu.

Makan Secukupnya
Maksudnya disini adalah jangan terlalu kenyang. Yang bisa meprediksikan adalah anda sendiri. Jadi berhentilah sebelum kenyang. Menghindari makan berlebihan juga mengurangi rasa malas pada saat bekerja.

Minum
Usahakan disaat anda mengantuk, coba minum air putih yang banyak dan juga sesekali minum minuman yang mengandung kafein seperti kopi. Namun jangan berlebihan, karena tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Nyemil Makanan Pedas
Kalau hanya sekedar nyemil sudah saya coba, dan tidak begitu ngefek untuk mengurangi rasa ngantuk. Namun jika ditambah rasa pedas, saya yakin rasa yang dieksekusi dengan lidah tersebut akan cepat langsung menuju otak sehingga rasa ngantuk akan cepat berkurang.

Tidur beberapa menit saat istirahat
Jangan remehkan ini, pada saat kita benar-benar tertidur. Mata, otak dan badan kita benar-benar beristirahat. Meskipun cuman beberapa menit  di selang waktu istirahat. Cara ini sangat efektif untuk menghilangkan rasa ngantuk pada saat bekerja.

Teh hijau
Seperti yang saya jelaskan diatas, minum kopi secara berlebihan sangat tidak baik. Coba deh diganti dengan teh, dan kalau bisa yang teh hijau hangat. Setelah minum, pasti tubuh anda akan hangat sehingga dapat mengurangi rasa ngantuk yang berlebihan. Dan juga teh hijau itu sendiri menngandung L-theanine yang fungsinya hampir sama dengan kafein di kopi.

Mengobrol dengan rekan kerja
Sesekali dalam sebuah perkejaan, luangkanlah sedikit obrolan kecil dengan rekan kerja anda. Ini dimaksudkan agar supaya tidak stress dan merefresh otak karena sudah terlalu lama digunakan untuk bekerja. Dan otomatis juga dengan begitu akan mengurang rasa ngantuk juga.

Berubah tempat duduk
Ini buat anda yang bekerja dengan duduk di kursi. Bayangkan saja beberapa jam duduk di kursi. Coba anda rubah-rubah posisi duduk anda, atau juga bisa berdiri sejenak untuk melancarkan peredaran darah. Setalah melakukan itu, saya pastikan otak anda akan ringan dan bisa mengurangi rasa ngantuk.

Nah seperti itulah cara mengatasi ngantuk yang berlebih dengan cepat. Anda harus memperhatikan tentang rasa ngantuk ini, karena bisa berefek ke pekerjaan ataupun proser belajar mengajar baik siswa maupun guru. Dan jika anda merupakan perkerja pabrik dengan medan yang cukup beresiko atau berbahaya, misalnya saja anda operator sebuah mesin. Tolong untuk memperhatikan penyebab dan cara mengatasi yang saya bahas diatas. Terima kasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat.

Artikel Cara Sehat Alami Lainnya :

2 comments:

  1. Thanks for info, jangan lupa kunjungi website kami juga https://bit.ly/2A5hggE

    ReplyDelete
  2. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete

Scroll to top